CHASANAH, SILFIYATUL (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PUISI DI SDN SEDATI AGUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (423kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (46kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (118kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (113kB)
Abstract
Silfiyatul Chasanah. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran
Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)
terhadap Hasil Belajar pada Materi Puisi di SDN Sedati
Agung. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing 1: Ida Sulistyawati, S.H. M.Pd.
Pembimbing 2: Imas Srinana Wardani, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CIRC, Hasil Belajar Siswa
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar pada materi puisi di
SDN Sedati Agung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design yang merupakan
jenis desain dari quasi ekperimen dengan kegiatan pre-test dan posttest yang dilakukan di SDN Sedati Agung. Peneliti menggunakan dua
kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV-A
sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa
sedangkan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa
sebanyak 33 siswa.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada kelas IV
SDN Sedati Agung menunjukkan bahwa ada pengaruh yang
siginifikan dari penerapan model pembelajaran CIRC terhadap hasil
belajar pada materi puisi. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan ratarata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
CIRC adalah 72,73 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan
model pembelajaran konvensional adalah 50,61. Berdasarkan dari
hasil uji-t dimana diperoleh Sig. (2-tailed) < 0,05 atau (0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 03:41 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 03:41 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2249 |