Indarsah, Shofifah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (340kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (352kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (141kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (162kB)
Abstract
Indarsah, Shofifah. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem
Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV SDN
Menanggal 601 Surabaya. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1)
Ida Sulistyawati, S.H., M.Pd. Pembimbing (2) Imas
Srinana Wardani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir
Kritis, Sifat- Sifat Cahaya, Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis
menjadi perhatian yang paling depan pada proses pembelajaran.
Model problem based learning merupakan salah satu model
pembelajaran yang dapat menstimulus kemampuan berpikir kritis
serta kemampuan pemecahan masalah siswa dalam memahami
konsep dari suatu materi sehingga siswa mendapat pelajaran yang
bermakna.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi
sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan
True Experimental Design bentuk pretest posttest group design.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random
sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya. Sedangkan sampelnya terdiri dari 20 siswa kelas IV-B (kelas eksperimen) dan 20 siswa kelas IV-C (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal uraian tes kemampuan berpikir kritis. Analisis penelitian ini menggunakan SPSS 16 yang menunjukkan bahwa signifikasi < α = 5% atau 0.05 yaitu 0.000 <0.05 yang artinya penggunaan model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sifatsifat cahaya kelas SDN Menanggal 601 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 03:20 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 03:20 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2256 |