PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Putra, Ade Octavianus (2022) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (678kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (30kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (149kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (170kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: model inkuiri, motivasi belajar, Penjas
Penelitian ini berkaitan dengan peningkatan motivasi belajar
siswa berbasis model pembalajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan
data yaitu wawancara, kuisioner (angket), dan dokumentasi. Subjek
dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa di kelas X SMA Dr. Soetomo
Surabaya yang merupakan 50% dari jumlah keseluruhan siswa.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui model
pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa,
untuk mengetahui bentuk pelaksanaan pembelajaran menggunakan
model pembelajaran inkuiri, dan untuk mengetahui kelebihan serta
kelemahan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran Penjas di kelas X SMA Dr. Soetomo
Surabaya.
Hasil penelitian berkaitan dengan masalah yang dikaji yaitu;
Model pembelajaran inkuiri dianggap cukup efektif untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas. Melalui model
pembelajaran inkuiri pada proses pembelajaran Penjas, siswa dapat
menciptakan hubungan serta menjalin komunikasi yang baik antar
siswa. Kelebihan dari model inkuiri yaitu mampu untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dan pembelajaran tidak terkesan monoton.
Sehingga, materi mudah untuk dipahami dan tersampaikan dengan
baik kepada siswa. Sedangkan kelemahan utama dari model inkuiri
yaitu kurang efektif diterapkan dengan waktu yang singkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 15 Dec 2022 06:53
Last Modified: 15 Dec 2022 06:53
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2347

Actions (login required)

View Item
View Item