ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

Ramadhan, M. Zamzam Ilhami (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (714kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (139kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (217kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, Daring, Google Meet, Pendidikan Jasmani,
PJOK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan metode
pembelajaran pada saat pandemi covid-19. Sejak pemerintah
menerapkan PSBB, pendidikan di Indonesia beralih menggunakan
metode pembelajaran daring. Adanya perubahan metode
pembelajaran daring menimbulkan adaptasi baru terhadap proses
pembelajaran yang berdampak pada interaksi pembelajaran menjadi
tidak optimal. Padahal kegiatan pembelajaran yang kondusif adalah
kegiatan yang membentuk suasana interaksi yang menyenangkan,
mendorong siswa untuk mencoba, terjadi dialog tanpa batas, dan siswa
mendapatkan kesempatan yang luas untuk mengekspresikan diri
dalam mengoptimalkan potensi diri yang mereka miliki. Tujuan yang
ingin dicapai pada penelitian ini adalah mengetahui efektivitas
pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi covid-19,
khususnya pada mata pelajaran PJOK, dimana pembelajaran PJOK
membutuhkan aktivitas fisik.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental.
Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VII-A SMP Negeri 2
Sukodono. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode
survei dan angket. Hasil yang diperoleh berupa nilai akhir semester
siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Sukodono pada mata pelajaran
PJOK. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis
deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan bahwa nilai ratarata siswa pada saat pembelajaran daring lebih besar dibandingkan
pada saat pembelajaran luring. Selain itu, berdasarkan hasil angket
dapat terlihat bahwa siswa lebih senang mengikuti pembelajaran
daring, khususnya menggunakan media google meet dibandingkan
pembelajaran luring. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan
pembelajaran daring selama pandemi covid-19 dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:55
Last Modified: 14 Dec 2022 04:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2494

Actions (login required)

View Item
View Item