Sari, Oktaviana Anjar (2022) PENERAPAN PENDEKATAN TPACK MODEL QUIZ TEAM MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN MARGOREJO 1/403 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (777kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (331kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (466kB)
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (379kB)
Abstract
Sari, Oktaviana A. 2022. “Penerapan Pendekatan TPACK Model
Quiz Team Materi Pelestarian Sumber Daya Alam pada
Siswa Kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya”. Program
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Psikologi dan
Pedagogi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya,
Pembimbing (1): Dr. Rarasaning Satianingsih, S.E., M.Pd.
Pembimbing (2) Cholifah Tur Rosidah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: pendekatan TPACK, model Quiz Team, dan hasil belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa diposisikan sebagai
objek, sehingga suasana belajar terkesan kaku dan membosankan.
Model Quiz Team ialah model pembelajaran yang mampu
meningkatkan keaktifan dan tanggung jawab siswa melalui kegiatan
bertanya dan menjawab dalam suasana yang menyenangkan. Tujuan
yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mendeskripsikan
penerapan pendekatan TPACK model Quiz Team dari keterlaksanaan
pembelajaran, respon siswa pada saat mengikuti pembelajaran dengan
pendekatan TPACK model Quiz Team, kesulitan yang dihadapi siswa
setelah penerapan pendekatan TPACK model Quiz Team, hasil belajar
siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, subjek penelitian
adalah siswa kelas IV-B SDN Margorejo 1/403 Surabaya dengan
jumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar
observasi, angket dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar
angket respons siswa, wawancara menggunakan lembar instrument
wawancara dan tes dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar
tes. Menggunakan metode analisis deskriptif yang sesuai dengan judul penelitian yaitu Penerapan Pendekatan TPACK Model Quiz Team Materi Pelestarian Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas IV SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan pembelajaran pendekatan TPACK model Quiz Team dikategorikan sangat baik dengan rata-rata 92,1%. (2) Berdasarkan angket respon siswa sebanyak 88,8% memberikan respon baik/senang, (3) Kesulitan yang dialami siswa pada saat penerapan pendekatan TPACK model Quiz Team yaitu siswa belum terbiasa karena baru mengenal model tersebut. (4) Serta diperoleh rata-rata tes hasil belajar yaitu 87 bisa dikatakan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 08:50 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 08:50 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2548 |