PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN TEMA IV SUBTEMA 1 PB 4 TERHADAP PENGUATAN SIKAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA

Indrayani, Fitri Dwi (2019) PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN TEMA IV SUBTEMA 1 PB 4 TERHADAP PENGUATAN SIKAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (702kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (122kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (149kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Indrayani, Fitri Dwi. 2018. Pengaruh Keterampilan Bertanya dalam
Pembelajaran Tema IV Subtema 1 PB 4 terhadap
Penguatan Sikap Kemandirian Siswa Kelas IV SD Hang
Tuah 10 Juanda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. H. Atnuri, S.H., M.Pd., (2) Dra. Dian
Kusmaharti, S.Si., M.Pd.
Kata kunci : keterampilan bertanya, penguatan, sikap kemandirian.
Penelitian ini didasarkan pada kenyataan di lapangan dimana semakin
menurunnya sikap – sikap terpuji yang ada dalam diri siswa. Hal ini tentu
dapat menimbulkan masalah untuk generasi Indonesia selanjutnya. Guna
memperbaiki masalah yang ada, diciptakanlah berbagai macam cara,
termasuk perubahan kurikulum. Berubahnya kurikulum tentu juga merubah
kebiasaan dalam proses belajar mengajar. Peranan metode pembelajaran
menjadi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan
pembelajaran. Penggunaan variasi metode, yakni keterampilan bertanya yang
dilaksanakan oleh pendidik, diharapkan mampu untuk mampu menguatkan
sikap kemandirian yang ada dalam diri siswa. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan dan pengaruh dari keterampilan bertanya
dalam pembelajaran tema IV subtema 1 pb 4 terhadap penguatan sikap
kemandirian siswa kelasIV SD Hang Tuah 10 Juanda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design – Postest Only Control Group Design. Sampel penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 54 siswa, menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan presentase dan uji – t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan keterampilan bertanya sangat baik dan terdapat pengaruh keterampilan bertanya dalam pembelajaran tema IV subtema 1 pb 4 terhadap penguatan sikap kemandirian siswa kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:36
Last Modified: 09 Dec 2022 07:36
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2600

Actions (login required)

View Item
View Item