PENGARUH MEDIA MONOPOLI MATA UANG (LIMANG) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3 MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS II SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

Damayanti, Hening Setya Lintang Arum (2019) PENGARUH MEDIA MONOPOLI MATA UANG (LIMANG) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3 MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS II SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (899kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (151kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (267kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (10MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Setya, Hening. 2019. Pengaruh Media Monopoli Mata Uang
(LIMANG) terhadap Hasil Belajar Tema 3 Subtema 4
Pembelajaran 3 Materi Penjumlahan dan Pengurangan
Siswa Kelas II SDN MENANGGAL 601 SURABAYA.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1)
Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd., (2) Drs. Atnuri, S.H, M.Pd.
Kata Kunci: media pembelajaran limang, hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan aktivitas
peserta didik dan pendidik dalam menggunakan media LIMANG
kelas II tema 3 subtema 4 pembelajaran 3 SDN Menanggal 601
Surabaya. Diharapkan dengan penerapan media ini peserta didik
dapat merasa lebih mudah dan terbantu dalam mengerjakan soal
penjumlahan dan pengurangan untuk meningkatkan hasil belajar.
Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas II-C SDN
Menanggal 601 Surabaya dengan jumlah 31 peserta didik. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Design karena
jenis penelitian eksperimen merupakan metode yang digunakan
untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam
kondisi yang terkendalikan. Quasi Experimental Design ini
merupakan desain yang memiliki kelas eksperimen sebagai kelas uji
coba yang di beri perlakuan dan kelas kontrol yang tidak di beri
perlakuan dalam melakukan penelitian.
Pada penelitian ini menghasilkan data bahwa proses penggunaan
media LIMANG telah diterapkan oleh peneliti yang dibuktikan dari
hasil observasi pendidik dan peserta didik dengan total persentase
aktivitas pendidik 91% dan aktivitas peserta didik 90% sedangkan
untuk hasil belajar derdasarkan hasil pengujian hipotesis yang
dilakukan oleh penulis, bahwa ada perbedaan hasil dari hasil belajar
antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan media
LIMANG dan peserta didik yang diajar tidak menggunakan media
LIMANG, maka media LIMANG berpengaruh terhadap hasil belajar
tema 3 subtema 4 pembelajaran 3 Kelas II-C SDN Menanggal 601
Surabaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:09
Last Modified: 09 Dec 2022 08:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2606

Actions (login required)

View Item
View Item