PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

Susanti, Yulia Ismi (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1.Halaman Depan.pdf] Text
1.Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (484kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (214kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (98kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka  dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Susanti, Yulia Ismi. 2019. “Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Karangan
Narasi Siswa Kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya”.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Adibuana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Achmad Fanani,
S.T., M.Pd. Pembimbing (2) Drs.Triman Juniarso, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajan, Kartu Bergambar, Karangan
Narasi.
Media Kartu Bergambar merupakan media kartu berisi
gambar, dimana gambarnya dapat berasal dari buatan sendiri atau
gambar/foto yang sudah ada dan digunakan untuk memudahkan
siswa saat proses belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, adakah
pengaruh media pembelajaran kartu bergambar terhadap
keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN
Menanggal 601 Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu bergambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homgenitas dan uji-t.
Hasil penelitian yang ditemukan setelah dilakukan uji
hipotesis oleh peneliti, didapat data bahwa T hitung ≥ T tabel yaitu 4.95 ≥ 1.980 maka yang berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar berhasil meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V. Simpulan dan saran diberikan agar penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi pendidik yang ingin menggunakan media pembelajaran kartu bergambar dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:17
Last Modified: 13 Dec 2022 03:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2673

Actions (login required)

View Item
View Item