PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SD HANG TUAH 10 JUANDA TAHUN AJARAN 2018-2019

Alkaf, Irma Kafie (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SD HANG TUAH 10 JUANDA TAHUN AJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman depan.pdf] Text
1. Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (799kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (193kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (304kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan Lampiran-lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan Lampiran-lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Alkaf, Irma Kafie. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Picture And
Picture Berbantuan Media Puzzle Dalam Pembelajaran Pada
Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas V SD Hang Tuah 10
Juanda Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd, (2)
Drs. H. Atnuri, S.H., M.Pd.
Kata kunci: media puzzle, hasil belajar, picture and picture.
Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik masih kesulitan
dalam memahami materi IPA sehingga berpengaruh terhadap hasil
belajar peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model
pembelajaran picture and picture dengan berbantuan media gambar.
Dengan menggunakan bantuan media yang menarik, yaitu media puzzle
yang merupakan alat bantu untuk mempermudah peserta didik
memahami pelajaran IPA khususnya materi peredaran darah manusia.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji aktivitas pendidik dan
peserta didik (2) mengkaji hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi
yang digunakan adalah kelas V-C SD Hang Tuah 10 Juanda. Sampel
yang diambil adalah 23 peserta didik kelas V-C SD Hang Tuah 10
Juanda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase (kuantitatif deskriptif) dan persentase ketuntasan belajar secara individual dan ketuntasan belajar secara klaksikal. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture berbantuan media puzzle diketahui aktifitas pendidik termasuk kriteria sangat baik dengan persentase yang diperoleh sebesar 86%, aktifitas peserta didik termasuk ke dalam kriteria sangat baik dengan perolehan sebesar 89%. Sedangkan untuk hasil belajar mendapatkan hasil yang sangat tinggi dengan perolehan persentase sebesar 91,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:23
Last Modified: 13 Dec 2022 03:23
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2678

Actions (login required)

View Item
View Item