Sari, Eka Novita (2019) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SISWA KELAS IV SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (610kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (213kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (165kB)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Novita Sari, Eka. 2019. Pengaruh Media Gambar Terhadap
Keterampilan Menulis Karangan Narasi Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Siswa Kelas IV SDN Ketabang Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing :
(1) Dra. Sri Mulyaningsih, M.S,
(2) Dr.Rarasaning Satianingsih, S.E., M.Pd.
Kata kunci: Media gambar, Karangan narasi, Keterampilan Menulis Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh media gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi muatan pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Ketabang Surabaya pada tanggal 29 Oktober 2018 sampai 17 November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi muatan pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian
kuantitatif dengan desain penelitian True Experimental Design yaitu penelitian dengan memberikan perlakuan pada kelas eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan sampel penelitian yaitu kelas IV-A dan kelas IV-C. Berdasarkan analisis dan pembahasan terhadap hasil penelitian, diperoleh hasil observasi bahwa persentase aktivitas guru dalam menerapkan media gambar sebesar 92% dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa dalam menggunakan media memperoleh persentase sebesar 92% dengan kategori “Sangat Baik”. Maka dapat dinyatakan bahwa media gambar dalam keterampilan menulis karangan narasi layak untuk digunakan, ditinjau dari hasil keterampilan menulis karangan narasi. Sedangkan untuk hasil uji-t dari keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas eksperimen, didapatkan thitung sebesar 5,03 dan ttabel sebesar 1,98 dengan dk = 71 dan ɑ = 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa setelah
diberi perlakuan, hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa lebih baik. Kesimpulan penelitian ini adalah media gambar dalam materi karangan narasi layak digunakan dan ada pengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Ketabang Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas) Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 02:34 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 02:34 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2679 |