Muhtadyn, Fauzul Adhym Al (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENCAPAI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SDN BELAHAN TENGAH MOJOSARI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (721kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (318kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (146kB)
8. Daftar Pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Almuhtadyn, Fauzul Adhym. 2019. Penerapan Model Cooperative
Learning Tipe Jigsaw Dalam Mencapai Keterampilan
Berpikir Kritis Kelas V SDN Belahantengah Mojosari.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1)
Drs. H. Achmad Fanani, S. T., M.Pd, (2) Drs. Triman
Juniarso, M. Pd
Kata kunci : Model cooperative learning. Tipe jigsaw. Keterampilan
berpikir kritis
Penelitian ini didasarkan pada berbagai permasalahan
dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di lapangan. Dimana kurikulum
2013 tidak dijalankan secara maksimal sehingga peserta didik hanya
menjadi obyek pasif. Selain itu pembahasan materi pada kurikulum
2013 cenderung dilakukan secara sekilas sehingga peserta didik
kurang bisa memahami materi secara mendalam. Kondisi tersebut
mengakibatkan peserta didik tidak bisa mengkonstruksi
pengetahuannya yang berdampak pada rendahnya keterampilan
berpikir kritis. Dengan model cooperative learning tipe jigsaw
keterampilan berpikir kritis peserta didik dapat ditingkatkan secara
maksimal karena model pembelajaran ini menuntut keaktifan dan
kemandirian peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif
menggunakan sampel jenuh kelas V SDN Belahantengah Mojosari
yang berjumlah 32 peserta didik.Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi untuk aktivitas guru dan peserta didik. Tes
untuk mengukur keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data
menggunakan persentase. Hasil observasi aktivitas guru dan peserta
didik mendapatkan skor 81,66% (sangat baik). Sedangkan
ketuntasan tes keterampilan berpikir kritis mencapai 81,25% (sangat
baik).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 04:26 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 04:26 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2686 |