MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA TEKS ANEKDOT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPA-1 MAN SIDOARJO

WINAWATI (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA TEKS ANEKDOT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPA-1 MAN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (819kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (13kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (373kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Winawati. 2019. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Teks
Anekdot Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbasis
Konstruktivisme pada Peserta Didik Kelas X IPA-1 MAN
Sidoarjo. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Tri Indrayanti,
S.Pd., M. Pd.
Kata Kunci: keterampilan berbicara, model role playing,
konstruktivisme.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses
pembelajaran dan keterampilan berbicara menggunakan model role
playing berbasis konstruktivisme pada peserta didik kelas X IPA-1
MAN Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang dilakukan secara kolaboratif. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teori keterampilan berbicara dari Arsjad dan
Mukti. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan tes.
Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
role playing berbasis konstruktivisme dapat meningkatkan
keterampilan berbicara peserta didik dengan cara pendidik
melakukan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran,
menjelaskan kegiatan role playing, membagi peserta didik menjadi
kelompok, membimbing dan memotivasi peserta didik memahami
materi, memfasilitasi peserta didik memainkan peran, dan
membimbing peserta didik berdiskusi mengevaluasi kegiatan role
playing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran
meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari antusiasnya
peserta didik dan semakin tertibnya dalam kegiatan pembelajaran.
Peningkatan keterampilan berbicara nampak melalui rata-rata
perolehan nilai peserta didik dari pratindakan 49,34% meningkat
menjadi 75,68% pada siklus 1 dan meningkat kembali menjadi
80,90% pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:18
Last Modified: 14 Dec 2022 07:18
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item
View Item