STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM TALK SHOW Q&A DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP

Rini, Rika Amalia Puspita (2019) STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM TALK SHOW Q&A DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (514kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (101kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (61kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (812kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rini, Rika Amalia Puspita. 2019. Strategi Kesantunan
Berbahasa dalam Talk Show Q&A dan Relevansinya
terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat
SMP. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Tri
Indrayanti, S.Pd., M.Pd
.
Kata Kunci: Strategi, Kesantunan, Relevansi pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
strategi kesantunan berbahasa Brown dan Levinson dalam talk
show Q&A dan mendeskripsikan relevansi strategi kesantunan
berbahasa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia Tingkat
SMP. Teori yang digunakan untuk memecahkan masalah
dalam penelitian ini adalah teori Brown dan Levinson.
Sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu
teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah strategi
kesantunan Brown dan Levinson yang terjadi dalam talk
show Q&A pada bulan Agustus 2018 terdiri atas strategi
kesantunan Brown dan Levinson yang pertama yaitu tanpa
strategi, yang kedua yaitu strategi kesantunan positif
ditemukan memberi perhatian kepada lawan tutur, membesarbesarkan perhatian, persetujuan, dan simpati, mengintensifkan
perhatian lawan tutur dengan pendramatisan fakta,
mengintensifkan menggunakan penanda identitas kelompok,
meminta persetujuan dengan topik yang umum atau
mengulang sebagian atau seluruh, menghindari
ketidaksetujuan dengan pura-pura setuju, menggunakan
lelucon, menyatakan paham akan keinginan penutur, memberi
tawaran atau janji, menunjukan keoptimisan, melibatkan
penutur dalam aktivitas, memberikan pertanyaan meminta
persetujuan, memberikan hadiah. Sedangkan strategi
kesantunan negatif ditemukan bersikap pesimis,
meminimalkan paksaan, dan meminta maaf. Relevansi hasil
penelitian dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa
Indonesia di SMP kelas IX KD 3.9-4.10.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 14 Dec 2022 07:46
Last Modified: 14 Dec 2022 07:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2766

Actions (login required)

View Item
View Item