Hubungan Kegiatan Mengelompokkan Gambar Hewan dengan Kemampuan Mengklasifikasi Pada Peserta Didik Kelompok BTK Aisyiyah Bustanul Atfal 57 Surabaya.

FAUZIAH, ASMAUL (2019) Hubungan Kegiatan Mengelompokkan Gambar Hewan dengan Kemampuan Mengklasifikasi Pada Peserta Didik Kelompok BTK Aisyiyah Bustanul Atfal 57 Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN NEW.pdf] Text
HALAMAN DEPAN NEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (999kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (172kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (130kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN NEW.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN NEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Fauziyah, Asmaul. 2018. Hubungan Kegiatan Mengelompokkan
Gambar Hewan dengan Kemampuan Mengklasifikasi Pada
Peserta Didik Kelompok BTK Aisyiyah Bustanul Atfal 57
Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing : Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd
Kata kunci : kegiatan mengelompokkan, kemampuan mengklarifikasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
kegiatan mengelompokkan gambar hewan dengan kemampuan
mengklasifikasi peserta didik di TK ABA 57 Surabaya.
Kemampuan mengklarifikasi gambar merupakan salah satu
indikator dari tingkat pencapaian perkembangan pengembangan
kognitif yaitu tentang mengklasiflkasikan benda ke dalam kelompok
yang sama atau kelompok yang sejenis. Mengklariflkasikan gambar
merupakan kegiatan mendeskripsi gambar sesuai dengan
pengelompokkan hewan darat, air dan hewan udara.
Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelompok A3 TK
ABA 57 Surabaya yang berjumlah 20 anak. Fokus penelitian ini
adalah kemampuan mengklarifikasi melalui kegiatan
mengelompokkan gambar hewan. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah tes obseervasi dengan menggunakan lembar
observasi. Data dianalisis dengan teknik analisis korelasional product
moment yang bertujuan untuk menentukan hubungan antara dua
variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara
kegiatan mengelompokkan gambar hewan dengan kemampuan
mengklasifikasi dengan Nilai rhit = berada pada rentan 0,800
sampai dengan 1,00 termasuk katagori korelasi tinggi antar variabel x dan variabel y, sehingga dapat dikatakan bahwa kegiatan mengelompokkan gambar hewan berhubungan sangat kuat dengan kemampuan mengklasifikasi pada peserta didik. Hasil penelitian ini dapat dipertimbangkan oleh pendidik PAUD untuk lebih banyak melakukan kegiatan mengelompokkan benda-benda agar kemampuan mengklasifikasi pada anak dapat berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 16 Dec 2022 08:40
Last Modified: 16 Dec 2022 08:40
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item
View Item