Pengaruh Media Pop-Up Book Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Kelas IV SDN Gayungan II Surabaya

Suyuti, Wildan (2019) Pengaruh Media Pop-Up Book Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Kelas IV SDN Gayungan II Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman depan.pdf] Text
1. Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (94kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (152kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Menulis mengandung banyak manfaat bagi pengembangan mental, intelektual, dan social seseorang. Menulis dapat meningkatkan kecerdasan, mengembangkan daya inisiatif dan kreativitas, menumbuhkan keberanian, meragsang kemauan serta kemampuan mengumpulkan informasi. Namun, tidak semua orang yang banyak menyukai tulis-menulis karena mungkin merasa tidak bakat dalam menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Pop-Up Book berseri terhadap kemampuan menulis karangan sederhana kelas IV SDN Gayungan II Surabaya. Hal ini dilakukan karena kebanyakan peserta didik masih kurang aktif dalam kegiatan menulis karangan. Untuk itu, peneliti menggunakan Media Pop-Up Book. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gayungan II Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). keterlaksanaan pembelajaran dilakukan dua kali, pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 sesuai dengan yang telah dirumuskan dalam RPP. Tes esai dilaksanakan pada pertemuan terakhir pertemuan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Pop-Up Book berseri terlaksana dengan sangat baik. Pada uji-t diperoleh hasil t-hitung=4,5 dan t-tabel=2.01 sehingga t-hitung > t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media Pop-up Book berseri terhadap keterampilan menulis karangan.
Kata kunci: Media Pop-Up Book Berseri, Menulis Karangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:24
Last Modified: 20 Dec 2022 07:24
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2943

Actions (login required)

View Item
View Item