Suyuti, Wildan (2019) Pengaruh Media Pop-Up Book Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Kelas IV SDN Gayungan II Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (94kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (152kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Menulis mengandung banyak manfaat bagi pengembangan mental, intelektual, dan social seseorang. Menulis dapat meningkatkan kecerdasan, mengembangkan daya inisiatif dan kreativitas, menumbuhkan keberanian, meragsang kemauan serta kemampuan mengumpulkan informasi. Namun, tidak semua orang yang banyak menyukai tulis-menulis karena mungkin merasa tidak bakat dalam menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Pop-Up Book berseri terhadap kemampuan menulis karangan sederhana kelas IV SDN Gayungan II Surabaya. Hal ini dilakukan karena kebanyakan peserta didik masih kurang aktif dalam kegiatan menulis karangan. Untuk itu, peneliti menggunakan Media Pop-Up Book. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gayungan II Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). keterlaksanaan pembelajaran dilakukan dua kali, pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 sesuai dengan yang telah dirumuskan dalam RPP. Tes esai dilaksanakan pada pertemuan terakhir pertemuan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Pop-Up Book berseri terlaksana dengan sangat baik. Pada uji-t diperoleh hasil t-hitung=4,5 dan t-tabel=2.01 sehingga t-hitung > t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media Pop-up Book berseri terhadap keterampilan menulis karangan.
Kata kunci: Media Pop-Up Book Berseri, Menulis Karangan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 07:24 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 07:24 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2943 |