Pengaruh Keterampilan Variasi Stimuli Terhadap Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Kelas III SDN Gayungan II Surabaya Pada Tema 4 Sub Tema 1 Pembelajaran 5

Puspitasari, Aprillia (2019) Pengaruh Keterampilan Variasi Stimuli Terhadap Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Kelas III SDN Gayungan II Surabaya Pada Tema 4 Sub Tema 1 Pembelajaran 5. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (489kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (134kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Pada kenyataan di lapangan, peserta didik kurang mengembangkan karakter rasa ingin tahu yang tertanam pada diri masing-masing peserta didik. Peran seorang guru diperlukan dalam menguatkan karakter rasa ingin tahu yang telah dimiliki peserta didik. Dengan salah satu keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan variasi stimuli. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan variasi stimuli terhadap penguatan karakter rasa ingin tahu peserta didik kelas III pada tema 4 subtema 1 pembelajaran 5 di SDN Gayungan II Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design dengan menggunakan posttest-only control design with nonequivalent control grup design. Sampel penelitian peserta didik kelas III dengan jumlah 65 peserta didik, dengan menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, berupa observasi pendidik dan observasi peserta didik. Teknik analisis data menggunakan persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik dalam menerapkan keterampilan variasi stimuli sangat baik dengan persentase 97% dan ada pengaruh keterampilan variasi stimuli terhadap penguatan karakter rasa ingin tahu peserta didik kelas III SDN Gayungan II Surabaya pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 5.
Kata kunci: Keterampilan Variasi Stimuli, Rasa Ingin Tahu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:58
Last Modified: 20 Dec 2022 07:58
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2945

Actions (login required)

View Item
View Item