ARINI, SHOFIYYAH (2020) THE INFLUENCE OF USING CLUSTERING TECHNIQUE TO THE STUDENTS SPEAKING ACHIEVEMENTS ON SEVENTH GRADE OF SMP ASSA’ADAH BUNGAH IN THE 2019-2020 SCHOOL YEAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (513kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (18kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (13MB)
Abstract
Kata kunci: Teknik Clustering, Prestasi Berbicara
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan teknik clustering terhadap prestasi belajar siswa untuk
kelas tujuh di SMP Assa'adah Bungah. Berbicara adalah tindakan
yang efektif bagi siswa untuk mempersiapkan keterampilan mereka
tetapi butuh waktu karena berbicara dapat dikatakan sebagai yang
paling sulit untuk keterampilan bahasa (berbicara, mendengar,
membaca dan menulis). Para siswa terkadang merasa bahwa
berbicara sulit untuk dikuasai. Peneliti menggunakan clustering
sebagai teknik pembelajaran dalam mengajar berbicara.
Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain
kelompok kontrol pre-test dan post-test. Populasi adalah 80 siswa
kelas tujuh di SMP Assa'adah Bungah. Dengan menggunakan cluster
random sampling untuk menentukan eksperimen dan kelas kontrol.
Peneliti mendefinisikan VII-B adalah kelas eksperimen yang
diajarkan dengan menggunakan clustering sebagai teknik sedangkan
VII-C adalah kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan
teknik asosiasi gambar sebagai teknik. Pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai. Dan teknik analisis
data adalah uji-t.
Data dari pre-test dan post-test menggunakan t-test untuk
menganalisis data. Peneliti menggunakan tes subjektif. Hasil
penelitian ini adalah 2,65 dengan df = 50 dan t-tabel 1,67591 sesuai
dengan standar signifikan 5% = 0,05. T-diamati lebih tinggi dari ttabel, yaitu 2,65 > 1,67591. Jadi, hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Dapatdisimpulkanbahwateknik clustering memilikipengaruh yang
vii
signifikan terhadap prestasi berbicara siswa kelas tujuh di SMP
Assa'adah Bungah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 08:30 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 08:30 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3519 |