TEACHER’S COMMUNICATION STRATEGIES IN TEACHING READING TO ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 15 SURABAYA

Refaudi, Alfariz (2020) TEACHER’S COMMUNICATION STRATEGIES IN TEACHING READING TO ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 15 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (567kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (72kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (100kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (539kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, pengajaran membaca
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
tentang guru menggunakan strategi komunikasi pada
pengajaran membaca. Strategi komunikasi adalah strategi untuk
menarik siswa belajar Bahasa Inggris dengan mudah. Banyak
siswa tidak tertarik dengan pelajaran Bahasa Inggris karena
mereka tidak paham dan kekurangan kosakata. Membaca
adalah salah satu aktifitas yang membuat siswa bosan karena
mereka tidak tau arti dari kalimatnya. Dalam proses belajar
mengajar membaca ketika guru menggunakan strategi
komunikasi siswa merasa menikmati dan menyenangkan
belajar Bahasa Inggris dan membuat siswa lebih aktif
berkomunikasi dengan teman-teman mereka.
Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Data pada
penelitian ini ada di kelas selama kegiatan proses pembelajaran
dan sumber data adalah siswa kelas sebelas dan guru di SMAN
15 Surabaya. Peneliti mengumpulkan data dari pengamatan,
wawancara dan angket. Peneliti juga menggunakan triangulasi
dalam keabsahan data.
Peneliti menjelaskan bahwa data dari penelitian ini telah
dilakukan untuk mendapatkan data yang jelas tentang hasil
penelitian dan diskusi yang diperlukan pada strategi
komunikasi dalam pengajaran membaca. Dari angket
diketahui bahwa dari 100%. 31% sangat setuju bahwa siswa
memilih strategi memparafrase. 69% setuju bahwa siswa
memilih strategi avoidance. Jadi, kesimpulan dari penelitian
ini adalah bahwa strategi komunikasi dalam pengajaran
membaca membuat siswa kelas sebelas di SMAN 15
Surabaya dapat dinikmati, menarik dan menyenangkan belajar
Bahasa Inggris ketika guru menggunakan strategi avoidance
karena dapat diterima dengan mudah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:32
Last Modified: 29 Dec 2022 03:32
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3610

Actions (login required)

View Item
View Item