PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR OLAHRAGA RENANG GAYA BEBAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KRIAN

Lestari, Mishawanti Puji (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR OLAHRAGA RENANG GAYA BEBAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KRIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (403kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (547kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (103kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Model Pembelejaran Berbasis Masalah, hasil belajar,
Renang Gaya Bebas
Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang dilakukan
setiap manusia agar dapat memahami proses pembentukan ilmu.
Kegiatan perkembangan Pendidikan dibutuhkan sumber daya manusia
yang berkualitas, berkarakter kuat dan demokratis. Pembelajaran PBL
(Problem Based Learning) adalah suatu pendekatan yang
menggunakan konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir
kritis dan keterampilan pemecah masalah. Gerakkan renang gaya
bebas pertama dikenal dengan sebutan Crawl Australia yaitu
dilakukan dua kali gerakan lengan dan disertai dua kali gerakan kaki,
kemudian dikembangkan sesuai dengan ilmu baru.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui
pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah PBL (Problem
Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Olahraga Renang Gaya
Bebas. 2) Untuk seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran
Berbasis Masalah PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil
Belajar Olahraga Renang Gaya Bebas.
Berdasarkan output “Paired Samples Test” di atas, diketahui
nilai sig. (2-tailed) pada kelompok eksperimen yaitu sebesar 0.001,
sehingga nilai sig. (2-tailed) < 0.05, maka dapat dinyatakan bahwa
Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh latihan dengan
menggunakan Metode Berbasis Masalah PBL (Problem Based
Learning) terhadap hasil belajar olahraga renang gaya bebas siswa
SMP Negeri 2 Krian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:27
Last Modified: 20 Feb 2023 04:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3784

Actions (login required)

View Item
View Item