Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas VI Pada Materi Bilangan Bulat Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Dhamaryanti, Dian (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas VI Pada Materi Bilangan Bulat Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman depan.pdf] Text
1. Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. abstrak.pdf] Text
2. abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (784kB)
[thumbnail of 3. BAB I PENDAHULUAN .pdf] Text
3. BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (111kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (76kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi oprasi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 4 siswa kelas VI B SDN KEDINDING yang dipilih berdasarkan hasil test GEFT dan soal kemampuan pemecahan masalah matematika dan pertimbangan dari guru matematika dengan 2 siswa mewakili kelompok gaya kognitif FI, 2 siswa mewakili kelompok gaya kognitif FD. Instrumen yang digunakan adalah test GEFT, lembar test kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan metode triagulasi. Kemampuan pemecahan masalah dianalisis berdasarkan empat indikator yaitu(1) memahami masalah (2) merencanakan penyelesaian (3) melakukan rencana penyelesaian (4) memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa dengan kemampuan pemecahan masalah gaya kognitif FI dapat menentukan dan memahami masalah dalam beberapa soal ia tidak menuliskan rencana penyelesaian dapat menyelesaikan soal dengan benar walaupun tidak menuliskan rencana penyelesaian dan mampu memberikan kesimpulan dari setiap soal yang dikerjakan. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah gaya kognitif FD dapat memahami masalah dengan baik tetapi tidak teliti dalam penulisan informasi yang ada pada soal, mengetahui rencana apa yang harus digunakan tetapi tidak menuliskannya dapat menyelesaikan soal dengan baik dan benar dan mampu memberikan kesimpulan untuk setiap soal yang dikerjakan.
Kata kunci : Pemecahan masalah, Oprasi bilangan bulat, Gaya kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 28 Apr 2023 04:21
Last Modified: 28 Apr 2023 04:24
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3965

Actions (login required)

View Item
View Item