Agustina Rosyida, Restiwulan (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMAN 22 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN (3).pdf
Download (742kB)
2. ABSTRAK.pdf
Download (78kB)
3. BAB I.pdf
Download (149kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (98kB)
9. Lampiran.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika materi barisan dan deret siswa kelas X SMAN 22 Surabaya.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan menggunakan one-group posttest design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelompok kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dan kelompok kelas kontrol yang diajar menggunakan metode pembelajaran kelompok biasa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentsi, lembar tes dan perangkat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yakni Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas) dan Uji Hipotesis (uji-t). Hasil penelitian memperoleh data nilai posttest siswa selanjutnya analisis data didapatkan pada uji normalitas kelas eksperimen dengan uji homogenitas dari kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan F_hitung=1,0104≤F_tabel=1,77206 maka ke dua data dari kelas tersebut homogen. Sedangkan pada perhitungan uji-t menunjukkan bahwa t_hitung=2,24>t_tabel=1,99, dengan taraf α=0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Mrs Restiwulan Agustina Rosyida |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 05:49 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 04:31 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4517 |