DEWI MACHMUDATUL KHOIRUN NISA, NISA (2023) HUBUNGAN KETERGANTUNGAN MAKE UP DENGAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWI JURUSAN TATA RIAS UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf
Download (1MB)
2. Abstrak.pdf
Download (98kB)
3. BAB I.pdf
Download (128kB)
4. Daftar Pustaka.pdf
Download (127kB)
5. Lampiran.pdf
Download (2MB)
Abstract
Make up merupakan polesan serta pemberian warna pada wajah agar menjadi cantik dan
menarik. Make up dapat didefinisikan sebagai produk kosmetika berwarna yang artinya
jika digunakan pada tubuh atau bagian tubuh tertentu akan menghasilkan warna sesuai
padu-padan pada pemakaian ke tubuh akan menghasilkan suatu warna yang menghasilkan
senipada tbuh individu, seperticontoh lipstick, mascara, eyeliner, eyeshadow, blush on,
foundation, concealer, highlighter, dan lain-lain. Kepercayaan diri adalah hal yang sangat
penting karena dengan rasa percaya diri seseorang dapat melakukan berbagai hal positif,
baik dalam hal studi maupun dalam bergaul di lingkungan sosial. Tujuan dalam penelitian
ini menjelaskan tingkat kepercayaan diri mahasiswi jurusan tata rias di Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya serta menjelaskan ketergantungan make up mahasiswi jurusan tata
rias di Universitas Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, serta menjelaskan pengaruh
ketergantungan makeup terhadap kepercayaan diri mahasiswi jurusan tata rias di
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif
deskriptif dengan teknik analisa data regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian
yaitu mahasiswi angkatan 2019 dan 2022 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Jumlah
sampel pada tahun 2019 sebanyak 39 mahasiswa dan 2022 sebanyak 25 mahasiswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan purposive sampling.
Teknik pengambilan data dengan menggunakan skala kepercayaan diri dan intensitas
penggunaan make up diukur menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan regresi
linier sederhana dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan
berpengaruh terhadap kepercayaan diri. Hal tersebut dibuktikan dengan t hitung > ttabel
yaitu 3,677 > 1,989 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Koefesien determinasi pengaruh intensitas
penggunaan make up terhadap kepercayaan diri sebesar 12,1 %. Sedangkan sisanya yaitu
(100 % - 12,1 % = 87,9 %) ditentukan atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk tidak melakukan
penelitian secara online, agar peneliti dapat mengawasi responden dalam menjawab
kuisioner. Jawaban yang diberikan dengan sungguh-sungguh akan mempengaruhi
keakuratan dari sebuah data penelitian.
Kata Kunci : Intensitas penggunaan, kepercayaan diri, kosmetik.
Make up is polishing and giving color to the face to make it beautiful and attractive. Make
up can be defined as a colored cosmetic product which means that if it is used on the body
or certain parts of the body it will produce a color according to the mix and match when
applied to the body it will produce a color that produces art on the individual's body, for
example lipstick, mascara, eyeliner, eyeshadow, blush on, foundation, concealer,
highlighter, and others. Confidence is very important because with self-confidence a person
can do many positive things, both in terms of studying and in social interaction. The purpose
of this study is to explain the level of self-confidence of female students majoring in
cosmetology at the PGRI Adi Buana University in Surabaya and to explain the dependency
on make up of female students majoring in cosmetology at the University of PGRI Adi
Buana Surabaya, as well as to explain the effect of dependence on makeup on the
confidence of female students majoring in cosmetology at PGRI University. Adi Buana
Surabaya. The method in this research is descriptive quantitative with simple linear
regression data analysis technique. The population in this research is the 2019 and 2022
batch of PGRI Adi Buana University students in Surabaya. The number of samples in 2019
was 39 students and in 2022 there were 25 students. The sampling technique uses
probability sampling with purposive sampling. The data collection technique uses a self-
confidence scale and the intensity of using make-up is measured using a Likert scale. Data
analysis used simple linear regression with the help of SPSS 23.0 for Windows. The results
of the study showed an effect on self-confidence. This is evidenced by tcount > ttable,
namely 3.677 > 1.989 and the sig. 0.000 < 0.05. The coefficient of determination of the
influence of the intensity of the use of make-up on self-confidence is 12.1%. While the rest
(100% - 12.1% = 87.9%) is determined or explained by other variables not examined in
this study. For future researchers, it is recommended not to conduct research online, so that
researchers can supervise respondents in answering the questionnaire. Answers given
seriously will affect the accuracy of a research data.
Keywords: Intensity of use, confidence, cosmetics.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Unnamed user with email 195870003@student.unipasby.ac.id |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 07:31 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 07:31 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4755 |