PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA AL-ISLAM KRIAN PADA MATERI PELUANG

WILDAN RAMADANI, MUHAMAD (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA AL-ISLAM KRIAN PADA MATERI PELUANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN.pdf] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang sering terjadi adalah proses pembelajaran satu arah dimana pembelajaran lebih berpusat kepada guru. Hal ini yang menjadikan proses pembelajaran monoton dan mengakibatkan siswa menjadi bosan untuk belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Al-Islam Krian pada materi peluang. Desain penelitian yang digunakan penelitian ini adalah membagi dua kelas, XII MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran kooperatif dan XII MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran cps. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cps terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dinyatakan dengan perolehan nilai dilakukan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan dan dinyatakan dengan perolehan t hitung > t tabel pada setiap indikator berpikir kreatif siswa yaitu: t hitung = 2,373 pada indikator kelancaran, t hitung = 2,269 pada indikator kelenturan, t hitung = 4,819 pada indikator keaslian,t hitung = 4,414 pada indikator kerincian. Sedangkan Dalam proses pembelajaran yang sering terjadi adalah proses pembelajaran satu arah dimana pembelajaran lebih berpusat kepada guru. Hal ini yang menjadikan proses pembelajaran monoton dan mengakibatkan siswa menjadi bosan untuk belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Al-Islam Krian pada materi peluang. Desain penelitian yang digunakan penelitian ini adalah membagi dua kelas, XII MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran kooperatif dan XII MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran cps. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cps terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dinyatakan dengan perolehan nilai dilakukan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan dan dinyatakan dengan perolehan > pada setiap indikator berpikir kreatif siswa yaitu: = 2,373 pada indikator kelancaran, = 2,269 pada indikator kelenturan, = 4,819 pada indikator keaslian, = 4,414 pada indikator kerincian. Sedangkan adalah 1,729. t tabel adalah 1,729.

In the learning process that often occurs is a one-way learning process where learning is more centered on the teacher. This makes the learning process monotonous and results in students becoming bored with learning. This research uses quantitative descriptive research. The purpose of this study was to determine whether there was an influence of the Creative Problem Solving (CPS) learning model on the creative thinking abilities of Al-Islam Krian High School students in the matter of opportunity. The research design used in this study was to divide two classes, XII MIPA 5 as the control class with the cooperative learning model and XII MIPA 6 as the experimental class with the CPS learning model. The results show that there is an influence of the CPS learning model on students' creative thinking abilities. This is expressed by the acquisition of values ​​carried out by the results of data analysis and discussion that has been carried out and expressed by obtaining > on each indicator of students' creative thinking, namely: = 2.373 on the fluency indicator, = 2.269 on the flexibility indicator, = 4.819 on the originality indicator, = 4.414 on the indicator details. While is 1.729.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Mr. Muhamad Wildan Ramadani
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:12
Last Modified: 24 Jul 2024 08:12
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4871

Actions (login required)

View Item
View Item