EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA ERA PANDEMI DI SMP PGRI 1 BUDURAN

Ulfah, Farah Andhila (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA ERA PANDEMI DI SMP PGRI 1 BUDURAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (636kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (93kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (207kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Farah Andhila Ulfah. 2020. Efektivitas Penggunaan Google
Classroom Dalam Pembelajaran PJOK Pada Era Pandemi Di SMP
PGRI 1 BUDURAN. Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
Pembimbing (1) Dr. Harwanto, M.Pd. dan (2) Ramadhany Hananto
P, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran, Google Classroom
Pada era pandemi ini kegiatan mengajar pun diganti dengan
pembelajaran jarak jauh (online). Dengan perkembangan IT ada
banyak aplikasi maupun website yang dapat digunakan sebagai media
penunjang untuk menggantikan proses pembelajaran dikelas. Salah
satu metode pembelajaran online yang saat ini sedang berkembang
dan mulai digunakan adalah google classroom. Pembelajaran jarak
jauh dengan menggunakan google classsroom sebagai media
pembelajaran diharapkan dapat membantu peserta didik dalam
mencerna materi pembelajaran secara aktif dan interaktif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah angket (kuesioner) dan wawancara. Penelitian ini
menggunakan analisis statistik dengan perhitungan melalui aplikasi
SPSS 24. Dari uji validitas intrumen menunjukkan bahwa item-item
pertanyaan atau penyataan sudah valid karena nilai signifikansi dari
item-item pertanyaan kurang dari alpha 5% dan nilai r hitung dari
masing-masing item lebih besar dari r tabel (0,514). Secara
keseluruhan dapat dikatakan 6 item tersebut reliabel karena nilai
Cronbachs Alpha (0,753) lebih besar dari 0,6 atau lebih besar dari r
tabel. Sedangkan jika dilihat masing-masing item didapatkan nilai
Cronbachs Alpha yang masing-masing lebih besar dari 0,6 atau lebih
besar dari r tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa item-item
tersebut dinyatakan reliabel atau konsisten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:56
Last Modified: 11 Nov 2022 08:48
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item
View Item