Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Hots Siswa Di Sekolah Dasar

Indrati, Mega Arlisyah Giri (2021) Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Hots Siswa Di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (842kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (184kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (134kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (680kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pendekatan saintifik, HOTS.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan HOTS pada
siswa sekolah dasar yang masih rendah. Masih rendahnya
kemampuan HOTS siswa disebabkan kurang terbiasa berpikir kritis,
berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan
tidak dilakukan saat proses pembelajaran. Penerapan HOTS dalam
pembelajaran dan pendampingan guru tentang pembelajaran HOTS
masih kurang. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan
HOTS siswa di sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian eksperimen dan kontrol. Subjek penelitian
adalah siswa kelas IV A 27 siswa dan IV B 25 siswa di SDN
Kebondalem Mojosari. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah tes. Menggunakan metode analisis statistik dengan rumusan
masalah yang digunakan yaitu adakah pengaruh pendekatan saintifik
terhadap kemampuan HOTS siswa di sekolah dasar. Penelitian
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-tes
menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas
menggunakan aplikasi SPSS versi 25 menunjukkan bahwa hasil uji ttest yang diperoleh yaitu nilai Sig (2-tailed) adalah (0,000) sehingga
nilai kurang dari (0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan HOTS siswa di
sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:39
Last Modified: 16 Jan 2023 04:43
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item
View Item