Widyatna, Erlinda (2021) Analisis Model Picture And Picture Dengan Powerpoint Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (895kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (34kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (110kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Kata Kunci: model Picture and Picture, PowerPoint interaktif,
motivasi belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar
siswa pada pembelajaran IPA dalam pembelajaran daring. Kurangnya
motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA disebabkan oleh
kurangnya guru dalam menggunakan model dan media pembelajaran.
Pembelajaran IPA di sekolah dasar masih sering terpaku pada
penjelasan guru dan buku sehingga aktivitas dan motivasi siswa
rendah. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk
menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan model Picture and
Picture dengan PowerPoint interaktif terhadap motivasi belajar siswa
pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif.
Sampel penelitian adalah pendidik dan peserta didik kelas VA di SDN
Tenggilis Mejoyo I Surabaya dengan jumlah 30 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, angket serta dokumentasi.
Analisis data penelitian menggunakan teknik persentase. Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan Penggunaan
Model Picture and Picture dengan PowerPoint Interaktif terhadap
Motivasi Belajar Siswa pada pembelajaran IPA Tema 5 Subtema 3
Pembelajaran 5 Materi Ekosistem Kelas V SDN Tenggilis Mejoyo I
Surabaya menunjukkan hasil yang baik atau termasuk dalam kriteria
Baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase 93,33% pada
aktivitas pendidik, 85, 11% pada aktivitas peserta didik, dan 83,33%
pada perolehan persentase motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Retno Sulistyanto PERPUS |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:34 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 04:44 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/559 |