Penerapan Media Video Pada Pembelajaran Cerita Non Fiksi Siswa Kelas Iv Sd Hang Tuah X Sedati Juanda Sidoarjo

Akbar, Achmad Nabilil (2021) Penerapan Media Video Pada Pembelajaran Cerita Non Fiksi Siswa Kelas Iv Sd Hang Tuah X Sedati Juanda Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of A5 Halaman Depan.pdf] Text
A5 Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (493kB)
[thumbnail of A5 Abstrak Nabil.pdf] Text
A5 Abstrak Nabil.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (36kB)
[thumbnail of A5 BAB I Nabil.pdf] Text
A5 BAB I Nabil.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (132kB)
[thumbnail of A5 DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
A5 DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Metode video,Cerita Non Fiksi.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah peserta didik
yang kurang aktif dan tertarik dalam pembelajaran, sehingga secara
tidak langsung akan menghambat proses pembelajaran. Penggunaan
metode pembelajaran yang tepat akan berpengaruh pada hasil
pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan media videocerita non fiksi terhadap hasil belajar
memahami isi cerita non fiksi pada pesertadidikkelas IV SD Hang
Tuah X Sedati Juanda Sidoarjo tema 5 subtema 1 pembelajaran 1.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif Deskriptif.
Penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Hang Tuah X Sedati
Juanda Sidoarjo. Sampel diambil dengan teknik clustersampling
sehingga didapatkan kelas IV-A dan IV-B sebagai pengambilan
sampel populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi dan teshasil belajar peserta didik. Teknik analisis data
dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.Dari hasil penelitian ini dapat
diketahui bahwa video cerita non fiksi dapat meningkatkan minat
peserta didik dalam memahami isi dari cerita non fiksi. Sejalan
dengan kesimpulan diatas, berdasarkan perolehan nilai hasil belajar
bisa dikatakan bahwa walaupun tergolong baru, inovasi penerapan
media video cerita non fiksi lebih diminati dibandingkan teks cerita
non fiksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:20
Last Modified: 11 Jan 2023 04:12
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item
View Item