PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

cavitaerin Kusumaningrum, Rizkyanti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas PGRI adibuana surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (818kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 5. HALAMAN LAMPIRAN.pdf] Text
5. HALAMAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa SMA. Rancangan penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X fase E di SMA Hang Tuah 1 Surabaya tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan diperoleh kepada dua kelas yang berjumlah 36 siswa, yakni kelas X fase E 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) dan kelas X fase E 5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan penerapan pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan Uji-T dintaranya uji normalitas, uji homogenitis dan uji hipotesis. Didapati hasil dari penelitian ini adalah nilai sig(2-tailed) adalah 0,000 karena < 0,05 maka H0 ditolak atau Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Hang Tuah 1 Surabaya pada materi perbandingan trigonometri Tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan atau gambaran salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: mrs rizkyanti cavitaerin kusumaningrum
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:22
Last Modified: 25 Jul 2024 04:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5651

Actions (login required)

View Item
View Item