Ika, Hajar Nur (2021) Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (948kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (172kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandemi Covid-19 yang
telah mengubah pola pembelajaran yang semestinya tatap muka
menjadi pembelajaran jarak jauh atau bisa disebut daring. Terutama
orang tua pada situasi ini dituntut untuk membimbing anak-anaknya
dalam pembelajaran berbasis internet ini. Bagi orang tua siswa yang
awam akan penggunaan teknologi menjadi tantangan tersendiri
dalam membimbing anaknya dikala situasi ini. Tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam
pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemic Covid-19.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif
dengan metode survei yang bertujuan untuk mengetahui peran orang
tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemi covid-19.
Populasi dan sampel penelitian adalah orang tua dengan jumlah 100
orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan
dokumentasi, angket terdiri dari 10 pertanyaan yang berisikan
pertanyaan positif dan data tambahan berupa dokumentasi.
Menggunakan teknik analisis data persentase dengan rumusan yang
telah dirumuskan sesuai dengan judul peran orang tua dalam
pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemic Covid-19.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari angket
dengan sejumlah 100 responden akan dibuat rekapitulasi untuk
mengetahui peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring
di era pandemi covid-19. Dari hasil tersebut tiap alternatif jawaban
dikalikan dengan skor, adapun hasil yang di peroleh maka akan di
cari angka persentase dengan rumus. Berdasarkan hasil perhitungan
maka diperoleh persentase dari rekapitulasi angket sebesar 70% dan
berada pada kategori “Baik”. Dapat disimpulkan bahwasannya peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemi
covid-19 dapat terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Retno Sulistyanto PERPUS |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 04:57 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 08:42 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/578 |