ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN POLYA

IZZA AWALIA YUSUF, NURUL (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN POLYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN.pdf] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yusuf, Nurul Izza Awalia 2023. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Pembimbing: Rani Kurnia Putri, S. Si., M.Si
Kata Kunci:

Syarat utama belajar matematika adalah belajar memecahkan masalah. Pembelajaran matematika yang berdasar pada masalah umumnya berbentuk soal cerita yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari yang dialami peserta didik dan dapat diselesaikan menggunakan matematika. Tetapi dalam kenyataannya masih banyak peserta didik yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan untuk mengetahui jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian Polya dan juga mengetahui apa saja faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal cerita matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022-2023. Sumber data dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X-K SMA Negeri 4 Sidoarjo dan responden penelitian ini adalah 3 peserta didik kelas X-K berdasarkan kategori kesalahan terbanyak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Tes yang diberikan berupa tes pemecahan masalah dengan bentuk soal uraian. Dari hasil tes tersebut akan diambil 3 peserta didik dengan kesalahan terbanyak. Selanjutnya, untuk memperkuat hasil tes tersebut akan dilakukan wawancara terhadap ketiga responden penelitian tersebut. Analisis pada penelitian ini menggunakan beberapa tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian yang digunakan adalaha triangulasi waktu.

Yusuf, Nurul Izza Awalia 2023. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Undergraduate Thesis. Mathematics Education Department. Faculty of Science and Technology. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Advisors: Rani Kurnia Putri, S. Si., M.Si
Keywords:

The main requirement for learning mathematics is learning to solve problems. Problem-based learning of mathematics is generally in the form of word problems related to everyday problems experienced by students and can be solved using mathematics. But in reality there are still many students who experience mistakes in solving word problems. The aim is to find out the types of student errors in solving math word problems based on Polya's solving steps and also to find out what are the factors that cause students to make mistakes when solving math word problems. The method used in this research is descriptive qualitative. This research was carried out in the 2022-2023 school year. The source of the data from this study were students in class X-K SMA Negeri 4 Sidoarjo and the respondents of this study were 3 students in class X-K based on the most error categories. Data collection techniques used in this study were problem-solving ability tests and interviews. The test given is in the form of a problem solving test in the form of a description question. From the results of the test, 3 students with the most errors will be taken. Furthermore, to strengthen the results of the test will be conducted interviews with the three research respondents. The analysis in this study uses several stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity of the research data used is time triangulation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Mrs Nurul Izza Awalia Yusuf
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:50
Last Modified: 24 Jul 2024 08:50
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6001

Actions (login required)

View Item
View Item