Pengaruh Metode Pembelajaran Sq3r Terhadap Hasil Belajar Materi Sejarah Pahlawan Indonesia Kelas Iv Sd

Wardani, Rani Kusuma (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Sq3r Terhadap Hasil Belajar Materi Sejarah Pahlawan Indonesia Kelas Iv Sd. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (411kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (85kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (162kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dikarenakan guru
kurang tepat saat memilih metode untuk diajarkan kepada
siswa. Metode pembelajaran yang kurang tepat membuat
kurang menariknya perhatian siswa terhadap materi yang
diajarkan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai pada
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar materi sejarah
pahlawan indonesia siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan
menggunakan pre test- post test dan yang diteliti adalah siswa kelas IV di SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya yang
berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah tes. Pada penelitian ini menggunakan
metode analisis statistik, maka uji yang digunakan adalah uji t menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil paired samples test dengan
menggunakan aplikasi SPSS menunjukkan hasil penelitian
bahwa pada pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yang
menggunakan metode SQ3R diperoleh nilai 0,000
menunjukkan hasil lebih kecil tingkat signifikasi dari 0,05.
Sedangkan pada. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak,
yang artinya terdapat pengaruh hasil belajar terhadap metode
pembelajaran SQ3R secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:44
Last Modified: 16 Jan 2023 04:15
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item
View Item