Hasna, Inekke Fatimatus (2021) Peran Orangtua Dalam Mendampingi Belajar Di Rumah Di Era Pandemi Covid 19. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (784kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (289kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (306kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (719kB)
Abstract
Peran orangtua merupakan salah satu tanggungjawab yang
penting untuk mengasuh, membimbing, dan mendidik anak guna
menggali potensi dan membentuk pribadi yang baik. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk menggambarkan peran orangtua dalam
mendampingi kesuksesan belajar anak selama pandemi dan untuk
mendeskripsikan kendala orangtua yang ditemui saat mendampingi
belajar di rumah. Penelitian menggunakan jenis pendekatan
penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data Wawancara,
Dokumentasi, Kuesioner Hasil analisis data wawancara orangtua
dalam proses peran orangtua dalam pendampingan belajar di rumah
mempunyai kriteria “baik”. Terbukti dengan hasil kuesioner peran dan kendala orangtua dalam pendampingan belajar di rumah dengan
“cukup baik”, dengan beberapa kendala yang ada. Kendala pada
kesulitan pemahaman materi untuk orangtua yang berlatarbelakang
kriteria tingkat pendidikan rendah terhadap pembelajaran anak. Serta
kendala pembagian waktu antara pekerjaan dan mendampingi belajar
anak di rumah pada orangtua kriteria tingkat ekonomi. Peran
orangtua dalam mendampingi belajar di rumah sangat besar
pengaruhnya. Karena dalam kondisi saat ini orangtualah yang
dituntut untuk membimbing, memberi dukungan, dan memotivasi
anak agar tetap semangat dalam melakukan pelaksanakan proses
pembelajaran daring. Bagaimanapun keadaan orangtua, harus tetap mengkondisikan waktu, tenaga dan pikiran untuk anak. Untuk menghadapi kondisi seperti ini, para orangtua juga harus mengikuti serta meningkatkan kemampuan berfikir dan belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Retno Sulistyanto PERPUS |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 07:52 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 07:12 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/605 |