Analisis Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Pada Guru Kelas 5 Di Sdn Gayungan Ii/423 Surabaya

Nurmasari, Dita Rakhmania (2021) Analisis Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Pada Guru Kelas 5 Di Sdn Gayungan Ii/423 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (425kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (31kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (109kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembelajaran
berbasis TPACK dikelas V. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis tingkat kemampuan guru SDN Gayungan II/ 423
Surabaya dalam pembelajaran berbasis TPACK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Data penelitian didapatkan di SDN Gayungan II/423 Surabaya.
Sumber data yang digunakan guru kelas V. teknik pengumpulan data
yang digunakann adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru SDN
Gayungan II/ 423 Surabaya sudah melakukan pembelajaran berbasis
TPACK berdasarkan kinerja dalam pelaksanaan pembelajaran
menggunakan pembelajaran teknologi, konten dan pedagogi
pembelajaran berada didalam kriteria cukup baik. Berdasakan hasil
analisis yang didapat maka perlu diberikan pembinaan untuk
meningkatkan penguasaan bagi guru. Faktor pendukung guru dalam
melaksanakan pembelajaran menggunakan ketersediaan sumber
bahan ajar, sarana dan prasana, ketersediaan media, keterampilan
serta kreatifitas guru dalam mengelola pembelajaran, dan kebijakan
kepala sekolah yang dapat mendukung implementasi pembelajaran
berbasis TPACK. Guru melakukan proses pembelajaran dengan
menggunakan teknologi, konten, dan pedagogi. Faktor penghambat
seorang guru dalam melakukan pembelajaran berbasis TPACK
dipengaruhi oleh kurangnya kemauan guru untuk mempersiapkan
teknologi, materi, dan strategi pembelajaran. Oleh karena itu
kurangnya keinginan guru memikirkan ide konten kreatif dalam
pembelajaran berbasis TPACK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:58
Last Modified: 03 Jan 2023 07:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item
View Item