RANCANGAN DESAIN DASHBOARD HASIL SEGMENTASI RETAILER OPERATOR TELEKOMUNIKASI MENGGUNAKAN INDIKATOR RECENCY, FREQUENCY, MONETARY (RFM), (STUDI KASUS : PT.XYZ)

alief, hermawan (2023) RANCANGAN DESAIN DASHBOARD HASIL SEGMENTASI RETAILER OPERATOR TELEKOMUNIKASI MENGGUNAKAN INDIKATOR RECENCY, FREQUENCY, MONETARY (RFM), (STUDI KASUS : PT.XYZ). Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana.

[thumbnail of Halaman depan with revisi_alief.pdf] Text
Halaman depan with revisi_alief.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of BAB 1 (1).pdf] Text
BAB 1 (1).pdf

Download (98kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of lampiran_alief hermawan.pdf] Text
lampiran_alief hermawan.pdf

Download (586kB)

Abstract

PT XYZ memiliki beberapa program untuk menarik
perhatian para pelanggan, namun program tersebut
diimplementasikan kepada semua pelanggan tanpa adanya
segmentasi sehingga program yang dijalankan tidak efektif dan
efisien. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, salah satu
solusi yang dapat digunakan adalah melakukan pendekatan
pelanggan dengan cara menentu-kan segmentasi pelanggan.
Segmentasi yang dilakukan meng-gunakan metode clustering K�Means dengan menerapkan Indikator RFM yang menggambarkan
perilaku pelanggan dalam melakukan trasanksi yang
dikelompokan sesuai segmen. 2. Dengan menggunakan
metode Elbow, nilai K yang paling optimal untuk digunakan
adalah 3, sehingga jumlah segmen yang dihasilkan pada proses
clustering berjumlah 3 segmen, dimana segmen 2 merupakan
segmen terbaik, dan segmen 1 merupakan segmen paling kurang
maksimal, sedangkan segmen 3 merupakan segmen yang cukup
baik dilihat dari recency, frequency, dan monetary yang artinya
perlunya peningkatan perlakuan untuk meningkatkan
performance dari retailer yang ada di segmen 1, sehingga
diharapkan perlakuan khusus.

PT XYZ has several programs to attract the attention of
customers, but these programs are implemented for all customers
without any segmentation so that the programs implemented are
not effective and efficient. To solve these problems, one of the
solutions that can be used is to approach customers by determining
customer segmentation. Segmentation is carried out using the K�Means clustering method by applying RFM Indicators which
describe customer behavior in making transactions grouped
according to segments. 2. By using the Elbow method, the most
optimal K value to use is 3, so the number of segments produced in
the clustering process is 3 segments, where segment 2 is the best
segment, and segment 1 is the least optimal segment, while segment
3 is the segment which is quite good in terms of recency, frequency,
and monetary, which means that it is necessary to increase
treatment to improve the performance of retailers in segment 1, so
that special treatment is expected.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Statistika
Depositing User: Mr. alief hermawan
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:46
Last Modified: 01 Jul 2024 07:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6209

Actions (login required)

View Item
View Item