EFEKTIVITAS TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS FASE E 7 DI SMA HANG TUAH 1 SURABAYA

Nikmala, Hayu Della (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS FASE E 7 DI SMA HANG TUAH 1 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (992kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN.pdf] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik bermain peran dalam layanan bimbingan kelompok terhadap resiliensi akademik siswa di SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Fase E atau kelas X yang ada di kelas Fase E 7 di SMA Hang Tuah 1 Surabaya dengan jumlah 34 siswa. Peneliti merencanakan pengambilan sampel sesuai dengan hasil data pre-test yang memiliki resiliensi akademik kategori rendah yang diketahui hasilnya adalah 5 siswa. Untuk menentukan dari populasi ke sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistika non parametrik pada SPSS for windows versi 25.0 dengan teknik Uji Wilcoxon. Hasil analisis data perhitungan di peroleh Asymp. Sig. = 0,039. Oleh karena nilai Asymp. Sig. (0,039) < (0.05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan skor terhadap resiliensi akademik siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa teknik bermain peran dalam layanan bimbingan kelompok. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya teknik bermain peran dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa kelas Fase E 7 di SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1
Depositing User: Mrs Hayu Della Nikmala
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:34
Last Modified: 20 Aug 2024 01:34
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item
View Item