ALIFFIA, NUR ROHMA (2021) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI PADA PEMBALAJARAN DARING UNTUK PRESTASI MEMBACA SISWA KELAS V SDN SEDATI GEDE 2 SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (655kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (14kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (25kB)
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (836kB)
Abstract
Pendidikan merupakan suatu usaha untuk mencapai cita-cita
luhur bangsa Indonesia. Dalam usaha tersebut, pendidikan bertujuan
untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar
siswa dapat mengembangkan potensinya. Kemampuan dasar
membaca merupakan hal yang terpenting dalam proses
pembelajaran, karena kemampuan membaca digunakan sebagai dasar
untuk menambah ilmu pengetahuan yang lebih tinggi.
Dalam proses menambah ilmu pengetahuan yang lebih tinggi
dapat dilaksanakan dengan gerakan literasi. Gerakan literasi
merupakan usaha yang dilakukan untuk membiasakan,
mengembangkan, mengajarkan literasi secara komprehensif secara
berkesinambungan. Implementasi kegiatan literasi adalah dengan
menerapkan pengetahuan dalam membaca sehingga dapat
memahami dan mengembangkan kosakata dengan cepat. Dalam
berbagai hal tentang gerakan literasi terutama di SDN Sedati Gede 2
Sidoarjo, hanya sedikit siswa yang menerapkan gerakan literasi
terutama pada sistem pembelajaran daring ini.
Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hasil gerakan literasi,
dan prestasi membaca siswa agar membangun generasi bangsa dalam
penguatan karakter membaca melalui praktik-praktik literasi dalam
bentuk kegiatan membangun prestasi siswa kelas V SDN Sedati
Gede 2 Sidoarjo. Dan dapat memberikan manfaat kepada siswa
dalam belajar membaca dan mengetahui kosakata dengan cara
implementasi gerakan literasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Retno Sulistyanto PERPUS |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 05:12 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 06:15 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/640 |