Penerapan Video Pembelajaran Inovatif Untuk Siswa Kelas 5 Materi Ekosistem Di Sdn Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya

Puteri, Shavira Maningtyas (2021) Penerapan Video Pembelajaran Inovatif Untuk Siswa Kelas 5 Materi Ekosistem Di Sdn Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (428kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (245kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (176kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (813kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan video
pembelajaran yang tepat dan mampu meningkatkan hasil belajar
pada mata pelajaran IPA kelas V Ekosistem di SDN Tenggilis
mejoyo 1 Surabaya. Pendekatan penelitian ini menggunakan
kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan data sedetail mungkin.
Penelitian ini untuk menerapkan video inovatif pembelajaran
menggunakan video yang sudah disederhanakan sesuai dengan
kebutuhan penelitian, yaitu kebutuhan media dan penerapan media.
Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN Tenggilis Mejoyo 1
Surabaya. Metode pengumpulan data dengan observasi dan
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan data display menyajikan dalam bentuk teks naratif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan
video pembelajaran pada materi ekosistem siswa lebih tertarik,
termotivasi dalam belajar ekosistem dan pembelajaran menjadi tidak
membosankan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video inovatif
pembelajaran sangat efektif pada siswa kelas V di SDN Tenggilis
mejoyo 1 surabaya. Saran dari peneliti kepada guru dan sekolah yaitu
media pembelajaran video sebaiknya dimanfaatkan untuk
mendukung proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:13
Last Modified: 11 Jan 2023 05:59
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item
View Item