Pengaruh Video Interaktif Terhadap Kemampuan Membaca Lambang Bunyi Vokal Dan Konsonan Siswa Kelas 1 Sd Hang Tuah 10 Juanda

Nurdiana, Resi Trisna (2021) Pengaruh Video Interaktif Terhadap Kemampuan Membaca Lambang Bunyi Vokal Dan Konsonan Siswa Kelas 1 Sd Hang Tuah 10 Juanda. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (771kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (187kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (212kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memusatkan pada adanya pengaruh atau tidak
video interaktif terhadap kemampuan membaca lambang bunyi vokal
dan konsonan siswa kelas 1 terutama kelas 1 SD Hang Tuah 10
Juanda, karena kualitas kemampuan membaca siswa pada lambang
bunyi vokal dan konsonan masih dalam kategori kurang dalam masa
pademi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
deskriptif desain eksperimen dengan metode pengumpulan data
melalui angket tes dan observasi. Angket tes ini terdiri dari pre test
dan post test. Penelitian ini menggunakan sample kelas 1A SD Hang
Tuah 10 Juanda yang berjumlah 24 siswa. Teknik analisis data yang
digunakan adalah menggunakan analisis deskripti, analisis data,
hipotesis, uji normalitas dan uji t.
Pengaruh video interaktif terhadap kemampuan membaca
lambang bunyi vokal dan konsonan dapat dilihat dari hasil uji t one
sample t test.Hasil uji normalitas dari penelitian skripsi ini data tidak
berdistribusi normal sehingga dilakukkan uji nonparametrik one
sample t test. Hasil terakhir darinonparametrik one sample test ini
menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Dapat dilihat dari
hasil nilai mean (rata-rata), nilainya yang menunjukkan ada
perubahan yang meningkat dari mean 73,958 ke mean 77,083.
Bahwa dari mean tersebut nilai post test siswa rata-rata meningkat di atas nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75. Hasil dari
uji nonparametrik one sample Kolmogrov-Smirnovv dan ShapiroWilk menjelaskan bahwa Test distribution is Normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:07
Last Modified: 11 Jan 2023 03:33
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item
View Item