Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Model Picture And Picture Dalam Pembelajaran Daring Di Kelas 4 Sdn Sedati Gede 02

Tyas, Tiara Kusumaning (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Model Picture And Picture Dalam Pembelajaran Daring Di Kelas 4 Sdn Sedati Gede 02. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (581kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (158kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Seorang guru harus memilih model yang tepat agar proses
belajar mengajar lebih efektif. Pada kenyataannya di SDN Sedati
Gede 02 guru masih kurang tepat dalam memilih model, oleh sebab
itu proses belajar mengajarpun menjadi suasana jenuh dan kurang
aktif. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran ini
adalah model Picture and Picture.
Model pembelajaran ini adalah salah satu model yang
menggunakan gambar yang dipasangkan dan diurutkan menjadi
urutan yang logis. Permasalah dalam penelitian ini adalah aktivitas
guru dalam mengajar, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan hasil
belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini mencakup
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV SDN Sedati Gede 02 yang berjumlah sebanyak
38 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan
lembar observasi guru dan siswa dan hasil test siswa.
Adapun hasil penilitian yang diperoleh adalah (1) aktivitas
guru pada siklus I dengan menggnakan model Picture and Picture
dari 75% menjadi 94,32% pada siklus II, (2) aktivitas siswa pada
siklus I dengan menggunakan model Picture and Picture 71,15%
menjadi 88,46% pada siklus II dan (3) hasil belajar sifat-sifat cahaya
pada siklus I dengan menggunakan model Picture and Picture 68,4%
menjadi 94,73% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa dengan penerapan model Picture and Picture
dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:45
Last Modified: 03 Jan 2023 05:26
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item
View Item