Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Di Sekolah Dasar

Rahmanto, Azarina (2021) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of COVER-DAFTAR ISI.pdf] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (426kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (134kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (305kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman
konsep yaitu mengenal konsep kalimat saran pada anak Sekolah
Dasar kelas III. Masih rendahnya kemampuan anak dalam mengenal
konsep kalimat saran ini disebabkan kurangnya pemanfaatan media
dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai pada
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran
interaktif terhadap pemahaman konsep siswa Sekolah Dasar kelas III
di SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian Posttest-Only Control Group Design.Subjek
penelitian adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan
kelas III B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa.Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah tes.Menggunakan metode
analisis statistik dengan rumusan yang digunakan adalah Ttest yang
sesuai dengan judul penelitian yaitu Pengaruh Pemanfaatan Media
Pembelajaran Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Di
Sekolah Dasar di SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya.Menggunakan
uji t dengan perhitungan aplikasi SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil paired samples test menggunakan aplikasi
SPSS versi 25 menunjukkan bahwa hasil penelitian t-hitung yang
diperoleh yaitu dibawah (0,05). Berarti dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh antara media pembelajaran interaktif terhadap pemahaman
konsep materi kalimat saran kelas III A dan kelas III B di SDN
Dukuh Menanggal 1 Surabaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:52
Last Modified: 11 Jan 2023 03:14
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item
View Item