Firdaus, Muhammad Ihwan (2021) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Ipa Materi Magnet Melalui Aplikasi Google Classroom Di Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (520kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (13kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (173kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pembelajaran daring IPA
materi magnet melalui aplikasi google classroom.Jenis penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis
data penelitian ini menggunakan analisis data model alir oleh Miles dan
Huberman.
Hasil penelitian ini menyimpulkan Pembelajaran daring IPA materi
magnet melalui aplikasi google classroom kelas VI SDN Tenggilis
Mejoyo 1 Surabaya meliputi tujuan pembelajaran ini agar siswa mampu
mendeskripsikan magnet, guru memberikan materi dengan rinci, media
digunakan guru berupa gambar, metode digunakan tanya jawab, strategi
mengajar guru menyampaikan poin penting. Siswa terhadap pelaksanaan
pembelajaran yaitu: magnet materi yang menarik, media gambar dapat
memberikan pemahaman siswa. faktor pendukung motivasi dalam diri
siswa,bimbingan orang tua. faktor penghambat kurang manajemen waktu,
sebagaian siswa masih terkendala akses internet, kelebihan lebih efektif,
siswa dapat belajar secara mandiri, kekurangantidak ada praktikum pada
materi ini. Guru terhadap pelaksanaan pembelajaran daring melalui
aplikasi google classroom yaitu: media yang paling efektif digunakan
gambar dan video ,belajar siswa masih rendah, metode tanya jawab hanya
beberapa siswa yang aktif, penghambat siswa belum siap dalam
pembelajaran digital, siswa tertarik mengikuti pembelajaran,
kelebihannya efektif kekurangan pemahaman siswa terhadap materi akan
berbeda ketika secara langsung
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Retno Sulistyanto PERPUS |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 04:00 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 05:19 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/687 |