Rancangan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Tpack Dalam Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sdn Menanggal 601 Surabaya

Wiranata, Ardi (2021) Rancangan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Tpack Dalam Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sdn Menanggal 601 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (753kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (87kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (267kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKAN dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKAN dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Technology, Pedagogy, and Content Knowledge (TPACK)
adalah bentuk pengetahuan yang meliputi tiga komponen utama yaitu
konten, pedagogi, dan teknologi. Keterampilan berpikir kritis perlu
dikembangkan dalam diri siswa karena melalui keterampilan berpikir
kritis siswa dapat lebih mudah memahami konsep, mampu
menerapkan konsep dalam situasi yang berbeda, peka terhadap
masalah dan dapat menyelesaikannya dengan baik. Tujuan yang
ingin dicapai pada penelitian ini untuk mendeskripsikan rancangan
pembelajaran berbasis pendekatan TPACK dalam berpikir kritis
siswa kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya. Penelitian ini
mengguanakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek
penelitian adalah siswa kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya
dengan jumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Dilihat dari hasil
tes belajar yang diperoleh siswa dalam berpikir kritis kelas V tema 5
subtema 2 pembelajaran 1 dengan rancangan pembelajaran berbasis
pendekatan TPACK yang terdidri dari 40 siswa, terdapat 34 siswa
yang menjawab soal tes yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan
6 siswa yang menjawab soal tes kurang sesuai dengan tujuan
pembelajaran, maka dari itu sudah merupakan hasil yang sangat baik.
Jadi, rancangan pembelajran berbasis pendekatan TPACK membantu
keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN Menanggal 601
Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:50
Last Modified: 03 Jan 2023 04:56
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item
View Item