PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP KONSEP DIRI SISWA DI UPT SMP NEGERI 23 GRESIK

Fardiamsyah, Rahmad (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP KONSEP DIRI SISWA DI UPT SMP NEGERI 23 GRESIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Halaman Cover (1).pdf] Text
Halaman Cover (1).pdf

Download (396kB)
[thumbnail of Lampiran (2).pdf] Text
Lampiran (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-management terhadap konsep diri siswa. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-management terhadap konsep diri siswa di UPT SMP Negeri 23 Gresik. Konsep diri sendiri adalah pandangan individu terhadap dirinya sendiri yang terbentuk dari berbagai pengalaman dan interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Konsep diri yang rendah juga akan berpengaruh kepada masa perkembangan individu oleh karenanya sangatlah penting bagi individu untuk memiliki konsep diri yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan one grup pre-test post-test design dengan hanya menggunakan satu kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol atau pembanding. Kelas eksperimen ini diperoleh dari hasil skala pengukuran yang sudah disebarkan kepada populasi dan kemudian akan diketahui subjek yang akan mengisi kelas eksperimen ini. Setelah didapatkan subjek penelitian selanjutnya akan dilakukan konseling kelompok dengan teknik self-management untuk melihat pengaruhnya terhadap konsep diri siswa. Selanjutnya dilakukan uji wilcoxon dengan hasil statistik Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,042 karena nilai 0,042 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa (Ha) diterima atau signifikan artinya terdapat perbedaan nilai pre-test dan post-test yaitu adanya kenaikan skor post-test dari skor pre-test. Kemudian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-management berpengaruh terhadap konsep diri siswa di UPT SMP Negeri 23 Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1
Depositing User: Mr Rahmad Fardiamsyah
Date Deposited: 19 Dec 2024 05:21
Last Modified: 19 Dec 2024 05:21
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/7480

Actions (login required)

View Item
View Item