Fardiamsyah, Rahmad (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP KONSEP DIRI SISWA DI UPT SMP NEGERI 23 GRESIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
ABSTRAK.pdf
Download (92kB)
BAB I.pdf
Download (111kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (147kB)
Halaman Cover (1).pdf
Download (396kB)
Lampiran (2).pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-management terhadap konsep diri siswa. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh konseling kelompok dengan teknik self-management terhadap konsep diri siswa di UPT SMP Negeri 23 Gresik. Konsep diri sendiri adalah pandangan individu terhadap dirinya sendiri yang terbentuk dari berbagai pengalaman dan interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Konsep diri yang rendah juga akan berpengaruh kepada masa perkembangan individu oleh karenanya sangatlah penting bagi individu untuk memiliki konsep diri yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan one grup pre-test post-test design dengan hanya menggunakan satu kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol atau pembanding. Kelas eksperimen ini diperoleh dari hasil skala pengukuran yang sudah disebarkan kepada populasi dan kemudian akan diketahui subjek yang akan mengisi kelas eksperimen ini. Setelah didapatkan subjek penelitian selanjutnya akan dilakukan konseling kelompok dengan teknik self-management untuk melihat pengaruhnya terhadap konsep diri siswa. Selanjutnya dilakukan uji wilcoxon dengan hasil statistik Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,042 karena nilai 0,042 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa (Ha) diterima atau signifikan artinya terdapat perbedaan nilai pre-test dan post-test yaitu adanya kenaikan skor post-test dari skor pre-test. Kemudian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-management berpengaruh terhadap konsep diri siswa di UPT SMP Negeri 23 Gresik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1 |
Depositing User: | Mr Rahmad Fardiamsyah |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 05:21 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 05:21 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/7480 |