Putri Ismawati, Deviani (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAMAN DEPAN REVISI (1).pdf
Download (357kB)
ABSTRAK.pdf
Download (149kB)
BAB I.pdf
Download (284kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (361kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (275kB)
Abstract
Ismawati, Deviani Putri. 2024. Efektivitas Teknik Modeling
Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan
Displin Belajar Siswa. Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakultas
Ilmu
Pendidikan.Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Dosen Pembimbing. Dr. Muwakhidah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Teknik Modeling, Konseling Kelompok, Disiplin
Belajar
Dalam dunia pendidikan di Indonesia terdapat salah satu aspek
yang dianggap penting yaitu kedisiplinan sebagai sikap dengan
ditunjukkannya perilaku tertib dan teratur sesuai dengan aturan
yang telah ditetapkan, sehingga rendahnya kedisiplinan akan
berdampak terhadap aspek yang lain apabila sisiwa tidak bisa
mengatur waktu dan aktivitas belajarnya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik modelling
dalam konseling kelompok untuk meningkatkan disiplin
belajar siswa SMA Negeri 1 Kedamean. Penelitian ini
menggunakan metode one group pre-test post-test design
dengan metode pengumpulan data yang digunakan berupa
skala pengukuran tentang disiplin belajar siswa yang disusun
dan dikembangkan sendiri, sehingga sampel yang digunakan
berjumlah 6 siswa yang memiliki disiplin belajar rendah dari
hasil pre-test yang sudah dilakukan. Dalam penelitian ini
teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon dengan
tujuan untuk menganalisis hasil-hasil pengamatan dari dua data
apakah mengalami perubahan atau peningkatan. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dimana hasil yang di dapatkan
ditinjau dari perolehan hasil pre-test serta post-test. Hasil akhir
nilai post-test yang diberikan kepada 6 siswa menunjukkan
adanya peningkatan nilai disiplin belajar. Hasi dari uji statistic
dimana Asymp. Sig (2 tailed) bernilai 0,027 karena 0,027 kurang dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima, hal
tersebut dapat dilihat dengan membandingkan skor signifikan
0,05. Pemberian treatment menggunakan teknik modelling
dengan konseling kelompok menunjukkan adanya hasil dari
penelitian ini dimana terdapat perubahan yang terjadi sehingga
bisa disimpulkan bahwa teknik modelling dengan konseling
kelompok efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa
SMA.
Ismawati, Deviani Putri. 2024. Effectiveness of Modeling
Techniques in Group Counseling To Improve Student
Learning Discipline. Thesis. Guidance and
Counseling Study Program. Faculty of Science
Education, PGRI Adi Buana University, Surabaya.
Advisor. Dr. Muwakhidah, S.Pd., M.Pd.
Keywords: Modeling Techniques, Group Counseling, Learning
Discipline
In the world of education in Indonesia, there is one
aspect that is considered important, namely discipline as an
attitude by showing orderly and orderly behavior in accordance
with established rules, so that low levels of discipline will have
an impact on other aspects if students cannot manage their time
and study activities. This research aims to determine the
effectiveness of modeling techniques in group counseling to
improve the learning discipline of SMA Negeri 1 Kedamean
students. This research uses the one group pre-test post-test
design method with the data collection method used in the form
of a measurement scale regarding student learning discipline
which was prepared and developed by ourselves, so that the
sample used was 6 students who had low learning discipline
from the results of the pre-test. It is already done. In this
research, the data analysis technique used is the Wilcoxon test
with the aim of analyzing the results of observations from two
data whether they have changed or increased. This research is
quantitative research where the results obtained are reviewed
from the pre-test and post-test results. The final results of the
post-test scores given to 6 students showed an increase in learning discipline scores. The results of statistical tests where
Asymp. Sig (2 tailed) has a value of 0.027 because 0.027 is less
than 0.05, it can be said that Ha is accepted, this can be seen by
comparing the significant score of 0.05. Providing treatment
using modeling techniques with group counseling shows the
results of this research where there are changes that occur so
that it can be concluded that modeling techniques with group
counseling are effective in improving the learning discipline of
high school students.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1 |
Depositing User: | Ms Deviani Putri Ismawati |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 05:58 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 05:58 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/7719 |