'Aunillah Zarkasyi, Adiib (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MELALUI MEDIA ANIMASI UNTUK MENGURANGI SIKAP BULLYING PADA SISWA KELAS X SMAN 1 KEDAMEAN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAM DEPAN.pdf
Download (617kB)
ABSTRAK.pdf
Download (195kB)
BAB 1.pdf
Download (111kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (145kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Zarkasyi, Adiib ‘Aunillah. 2024. Efektivitas Layanan Informasi
Melalui Media Animasi untuk Mengurangi Sikap
Bullying siswa Kelas X SMAN 1 Kedamean. Program
Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing Aniek Wirastania, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : media animasi, layanan informasi, bullying
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap bullying yaitu
mengenal konsep bullying pada siswa kelas X yang masih rendah.
Masih rendahnya kemampuan siswa dalam mengenal sikap
bullying ini disebabkan kurangnya pemanfaatan media dalam
proses bersosialilasi. Guru sebatas memperhatikan siswa di dalam
kelas sehingga kurang untuk memperhatikan siswa ketika diluar kelas. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Efektivitas Layanan Informasi Melalui Media Animasi untuk Mengurangi Sikap Bullying siswa Kelas X SMAN 1 Kedamean.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan
menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian
adalah siswa kelas X.2 SMAN 1 Kedaeman Gresik dengan jumlah
8 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar
observasi serta dokumentasi. Menggunakan metode analisis
Menggunakan teknik analisis data menggunakan statistika non
parametrik pada SPSS for windows versi 26.0 dengan teknik Uji Wilcoxon.
Hasil analisis data perhitungan diperoleh Asymp. Sig. =
0.012. oleh karena nilai Asymp. Sig. (0,012) < (0.05) maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya terdapat perbedaan skor terhadap sikap bullying siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi berbasis media animasi. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya media animasi dalam layanan informasi efektif untuk mengurangi sikap bullying siswa kelas X.2 SMAN 1 Kedamean Gresik.
Zarkasyi, Adiib 'Aunillah. 2024. Effectiveness of Using Animation
Media in Information Services to Reduce Bullying
Attitudes in Class X Students of SMAN 1 Kedamean
Gresik. Guidance and Counseling Study Program.
Faculty of Science Education. PGRI Adi Buana
University Surabaya. Supervisor Aniek Wirastania, S.Pd.,
M.Pd.
Key words : animation media, information services, bullying
This research is motivated by bullying attitudes, namely
recognizing the concept of bullying in class X students who are still
low. The low ability of students to recognize bullying attitudes is
due to the lack of use of media in the socialization process. Teachers
only pay attention to students in the classroom so they don't pay
enough attention to students outside the classroom. The aim to be
achieved in this research is to determine the effectiveness of using
animation media in information services to reduce bullying attitudes
in class X students at SMAN 1 Kedamean Gresik.
This research uses a quantitative research approach with a pre�experimental research type using a one group pretest-posttest design.
The research subjects were class X.2 students at SMAN 1 Kedaeman
Gresik with a total of 8 students. The data collection method used is
observation using assessment tools in the form of observation sheets
and documentation. Using analysis methods Using data analysis
techniques using non-parametric statistics in SPSS for Windows version 26.0 with the Wilcoxon Test technique.
The results of the calculation data analysis obtained Asymp.
Sig. = 0.012. because of the Asymp value. Sig. (0.012) < (0.05) then H₀ is rejected and Hₐ is accepted. This means that there is a difference in scores regarding students' bullying attitudes before and after participating in animation media-based information services. So it can be concluded that the hypothesis is accepted, meaning that animation media in information services is effective in reducing the bullying attitudes of class X.2 students at SMAN 1 Kedamean
Gresik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1 |
Depositing User: | Adiib 'Aunillah Zarkasyi |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 05:53 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 05:53 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/8051 |