PENGARUH PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI KORBAN BULLYING KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUKODONO

Santoso, Intan Sari Andri (2019) PENGARUH PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI KORBAN BULLYING KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUKODONO. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (716kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (90kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (111kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Santoso, Intan Sari Andri. 2019. Pengaruh Pendekatan Solution
Focused Brief Therapy (SFBT) Dalam Konseling Kelompok
Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Korban Bullying Di
SMP Negeri 1 Sukodono. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. H.
Sutijono, M.M.
Kata Kunci: Kepercayaan diri, Bullying, SFBT.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi
pengaruh pendekatan solution focused brief theraphy (SFBT) dalam
konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri korban
bullying Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukodono.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah one group pre-test post-test design, diberikan kepada 3
orang siswa Kelas VIII yang mendapat skor kepercayaan diri
korban bullying. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode skala pengukuran untuk mengukur
kepercayaan diri korban bullying.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah
analisis non parametric dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil
analisis data diperoleh jumlah Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,109.
Karena nilai 0,109 lebih besar dari 0,05, maka dapat disimpulkan
bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga tidak ada pengaruh
pendekatan Solution Focused Brief Therapy (SFBT) dalam
konseling kelompok secara signifikan dapat meningkatkan
kepercayaan diri korban bullying kelas VIII di SMP Negeri 1
Sukodono.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:10
Last Modified: 24 Nov 2022 04:14
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/810

Actions (login required)

View Item
View Item