EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 TULANGAN

WANDA DEVA NUR CAHYO, AMALIA (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 TULANGAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (841kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (224kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (249kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (231kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (899kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap pengambilan keputusan karier peserta didik di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen) dengan desain One-Group Pretest-Posttest Desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Tulangan dengan kriteria siswa atau individu yang memiliki skor rendah dalam pengambilan keputusan karier sehingga didapatkan dari hasil pretest sebesar 6 siswa yang memiliki skor rendah diantara 2 kelas yaitu XI-B1 dan XI-B2. Pengumpulan data diperoleh dari pretest-posttest melalui penggunaan instrument berupa kuisioner pengambilan keputusan karier. Teknik analisis menggunakan bantuan SPSS For Windows. Hasil uji normalitas data berdistribusi normal. Dari hasil uji t menggunakan uji paired t test mendapatkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan antara hasil Pre-test dengan Post-test, yang artinya hal ini menunjukkan adanya efektivitas penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap pengambilan keputusan karier siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan.
The aim of this research is to determine the effectiveness of using group guidance with discussion techniques on students' career decision making in high school. The research method used in this research is a Quasi Experiment with a One-Group Pretest-Posttest Design. The research population was class. Data collection was obtained from pretest-posttest through the use of an instrument in the form of a career decision making scale. The analysis technique uses SPSS For Windows. The results of the data normality test are normally distributed. From the results of the t test using the paired t test, the significance value was 0.001 < 0.05, so H0 was rejected and Ha was accepted. So it can be concluded that there is a difference between the results of the pre-test and post-test, which means that this shows the effectiveness of using group guidance with group discussion techniques in making career decisions for class XI students at SMA Muhammadiyah 3 Tulangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) S1
Depositing User: Amalia Wanda Deva Nur Cahyo
Date Deposited: 19 Dec 2024 05:18
Last Modified: 19 Dec 2024 05:18
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/8530

Actions (login required)

View Item
View Item