Nisyak, Wahyu Khoirun (2024) PENGARUH KONTEN BEAUTY INFLUENCER TIKTOK TERHADAP MINAT BELAJAR TATA RIAS WAJAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL KESEJAHTERAAN KELUARGA PEMINATAN TATA RIAS UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAMAN DEPAN Wahyu Khoirun.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Download (221kB)
BAB I.pdf
Download (200kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (243kB)
LAMPIRAN Wahyu Khoirun.pdf
Download (1MB)
Abstract
Abstrak
Wahyu Khoirun Nisyak, 2024. Pengaruh Konten Beauty Influencer TikTok Terhadap
Minat Belajar Tata Rias Wajah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Vokasional
Kesejahteaan Keluarga Peminatan Tata Rias Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga. Fakultas Teknik,
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing I: Dr. Susilowati, M.Pd. Dosen
Pembimbing II: Fitria Hansyah Fatmasari, S.Pd., M.Pd.
Perkembangan IPTEK berkembang dengan sangat pesat, sehingga mempengaruhi
berbagai aspek, diantarannya aspek pendidikan. Ilmu tata rias wajah dapat dengan mudah
didapatkan dari konten Beauty Influencer TikTok, sehingga mempengaruhi minat belajar
tata rias wajah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan berapa kali penggunaan
aplikasi TikTok mahasiswa prodi PVKK Tata Rias Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
dalam sehari. 2) Mendeskripsikan pengaruh Konten Beauty Influencer TikTok Terhadap
Minat Belajar Tata Rias Wajah Mahasiswa Prodi PVKK Tata Rias Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. 3) Mendeskripsikan dampak penggunaan konten beauty influencer
TikTok pada kemampuan tata rias wajah Mahasiswa Prodi PVKK Tata Rias Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel terikat dalam
penelitian ini adalah minat belajar. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu konten beauty
influencer TikTok. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat dan
uji hipotesis.
Hasil penelitian: 1) Mahasiswa PVKK Tata Rias Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya menggunakan aplikasi TikTok rata-rata ±8 kali sehari. 2) Terdapat pengaruh
penggunaan konten beauty influencer TikTok terhadap minat belajar tata rias wajah
mahasiswa prodi PVKK tata rias dengan hasil nilai thitung 3.635 > ttabel 2.011 Pada taraf
signifikan 0.001 < 0.05. 3) Penggunaan konten beauty influencer TikTok berdampak positif
terhadap kemampuan tata rias wajah mahasiswa PVKK tata rias, mahasiswa aktif
mengikuti proses praktek dalam pembelajaran karena menggunakan media konten dari
beauty influencer TikTok.
Kata kunci: Konten, Beauty Influencer, TikTok, Minat Belajar
Abstract
Wahyu Khoirun Nisyak, 2024. The Influence of TikTok Beauty Influencer Content on
the Interest in Learning Makeup of Students of the Family Welfare Vocational Education
Study Program, Makeup Concentration, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Family
Welfare Vocational Education Study Program. Faculty of Engineering, Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Supervisor I: Dr. Susilowati, M.Pd. Supervisor II: Fitria Hansyah
Fatmasari, S.Pd., M.Pd.
The development of science and technology is growing very rapidly, so that it
affects various aspects, including the aspect of education. Makeup knowledge can be easily
obtained from TikTok Beauty Influencer content, thus affecting the interest in learning
makeup. This study aims to: 1) Describe how many times the TikTok application is used
by students of the PVKK Makeup study program, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
in a day. 2) Describe the influence of TikTok Beauty Influencer Content on the Interest in
Learning Makeup of PVKK Makeup Study Program Students, Adi Buana PGRI University,
Surabaya. 3) Describe the impact of using TikTok beauty influencer content on the makeup
skills of PVKK Makeup Study Program Students, Adi Buana PGRI University, Surabaya.
This research method uses a quantitative method. The dependent variable in this
study is learning interest. The independent variable in this study is TikTok beauty
influencer content. The data analysis technique in this study uses prerequisite tests and
hypothesis tests.
Research results: 1) PVKK Makeup Study Program Students, Adi Buana PGRI
University, Surabaya use the TikTok application an average of ± 8 times a day. 2) There is
an influence of using TikTok beauty influencer content on the interest in learning makeup
of PVKK Makeup Study Program students with a t-count value of 3.635> t-table 2.011 at
a significance level of 0.001 <0.05. 3) The use of TikTok beauty influencer content has a
positive impact on the make-up skills of PVKK make-up students, students actively
participate in the practice process in learning because they use content media from TikTok
beauty influencers.
Keywords: Content, Beauty Influencer, TikTok, Learning Interest
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK) S1 |
Depositing User: | Wahyu Khoirun Nisyak |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 07:08 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 07:08 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/8792 |