Nasir, Amalia Fatatin Nur Umami (2024) PENGGUNAAN METODE PECS (PICTURE EXCHANGE COMUNICATION SYSTEM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
Abstrak.pdf
Download (8kB)
Bab 1.pdf
Download (175kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (76kB)
HALAMAN DEPAN FIKSS.pdf
Download (973kB)
LAMPIRAN FIKSS.pdf
Download (1MB)
Abstract
Anak autis adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan berat antara lain yang mempengaruhi cara seseorang untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Anak autis cenderung menggunakan komunikasi non-verbal daripada komunikasi verbal. Dalam hal ini, anak autis menggunakan komunikasi dengan orang lain dengan cara menangis atau berteriak untuk memenuhi keinginannya. Komunikasi merupakan salah satu gangguan yang muncul pada anak dengan gangguan autis dan muncul dalam bentuk yang beragam. PECS (Picture Exchange Communication System) merupakan sebuah teknik yang memadukan pengetahuan yang mendalam dari terapi berbicara dengan memahami komunikasi dimana anak tidak dapat mengartikan kata dan pemahaman yang kurang dalam berkomunikasi. Tujuannya adalah membantu anak secara spontan mengungkapkan interaksi yang komunikatif, membantu anak memahami fungsi komunikasi, dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Banyak penelitian menemukan bahwa memang metode PECS ini sangat cocok pada individu autis. Penerapan metode PECS dalam penelitian ini akan mengembangkan kemampuan komunikasi pada anak dengan menggunakan alat bantu komunikasi berupa buku komunikasi dan kartu bergambar.
Autistic children are children who experience severe developmental disorders, among other things, that affect the way a person communicates and interacts with other people. Autistic children tend to use non-verbal communication rather than verbal communication. In this case, autistic children use communication with other people by crying or screaming to fulfill their desires. Communication is one of the disorders that appears in children with autistic disorders and appears in various forms. PECS (Picture Exchange Communication System) is a technique that combines in-depth knowledge from speech therapy with understanding communication where children cannot interpret words and lack understanding in communication. The goal is to help children spontaneously express communicative interactions, help children understand the function of communication, and develop communication skills. Many studies have found that the PECS method is very suitable for autistic individuals. The application of the PECS method in this research will develop communication skills in children by using communication aids in the form of communication books and picture cards.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Pendidikan Khusus (PKh) S1 |
Depositing User: | Amalia Fatatin Nur Umami Nasir |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 08:02 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 08:02 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/8881 |