Penggunaan Strategi Self-Management Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 21 Surabaya

Rhero, Elisabeth (2021) Penggunaan Strategi Self-Management Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 21 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (585kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (295kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (322kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (790kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi penggunaan strategi self-management dalam konseling kelompok untuk meningkatkan kematangan karier pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah para siswa kelas VIII C di SMPN 21 Surabaya berjumlah 35 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 5 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian yaitu data kematangan karier siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode skala pengukuran yang dikembangkan peneliti. Skala pengukuran sebelum digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, terlebih dahulu dilakukan try-out untuk melakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas Alpha Cronbach. Uji validitas butir skala pengukuran kematangan karier siswa nilai koefisien korelasinya (r) antara 0,344-0,616. Hasil uji reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,729. Data pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows versi 26.0 dengan teknik analisis uji t independen statistika parametrik setelah dilakukan uji asumsi normalitas sebaran dan uji homogenitas variansi. Jadi hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi self-management dalam konseling kelompok secara signifikan dapat meningkatkan kematangan karier siswa kelas VIII C di SMPN 21 Surabaya.
Kata kunci: Strategi self-management, Konseling Kelompok, Kematangan Karier.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:12
Last Modified: 09 Dec 2022 08:14
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item
View Item